April 26, 2011

Pasar Emas Global



Pada dasarnya terdapat lima pasar emas utama diseluruh dunia. Mereka adalah New York, London, Zürich, Hong Kong dan Sydney.

Harus diperhatikan bahwa Pasar Emas Batangan London terkadang dibingungkan dengan Pertukaran Metal London yang cukup berbeda.  Hanya emas yang diperdagangkan pada Pasar Batangan London sementara bahan metal lainya, selain emas, diperdagangkan pada Pasar Pertukaran Metal London. Jadi emas dianggap sebagai metal dengan jenisnya sendiri dalam istilah disini.
Harga emas sebenarnya ditentukan dua kali sehari di London. Disinilah grup banker bersatu dan “menentukan” harga emas, dengan kata lain memutuskan berapa yang akan menjadi harga emas pada momen tertentu ketika mereka menentukan harganya. Tentunya harga lalu perubahan oleh waktu dan pindah naik atau turun tergantung pada beberapa pengaruh dan persepsi dari nilai emas. Alasan untuk menentukan lebih kepada untuk menstabilkan dan sebagai harga stabil sehari dua kali untuk digunakan oleh badan perbankan.  Semacam  bahan acuan harian , dapat anda katakan demikian. Menentukan harga sebenarnya dijtentukan dalam Poundsterling dan yang kemudian diubah, oleh beberapa jenis pasar, kedalam nilai tukar negara mereka. Secara umum diseluruh dunia, harga emas terdengar dalam US dollar dan Euro.

Setiap pasar memiliko jam operasi mereka sendiri tergantung pada zona waktu dan hal ini berarti bahwa emas dapat ditransaksikan kurang lebih searah jarum jam. Hal ini menyebabkan banyak transaksi terjadi diatara pasar-pasar yang ada.

Nilai dan harga dari emas beragam tergantung pada beberapa faktor. Beberapa dari faktor ini adalah, beragam nilai tukar, khususnya US dollar. Harga dari komoditi yang lain, harga minyak, situasi ekonomi dan perubahan pada situasi di seluruh dunia. Peristiwa dunia, seperti perang dan pengaruh udara yang dramatis, seperti juga gempa bumi, gelombang pasang dan lain lain.
Pengaruh terbesar pastinya adalah nilai dari emas terhadap mata uangnya. Ada ratusan analisa jrian yang ditulis dengan sibuk bagi apa yang mereka piker harga emas akan lakukan, apakah naik atau turun atau tetap stabil.  Pada analisa terakhir tidak seorangpun bisa mengira dengan 100 persen kepastian jika nila emas akan naik atau turun.

Dalam jangka panjang, orang bisa melihat secara historis bahwa harga emas selalu naik. Mempersiapkan bahwa bisa terjadi inflasi, manipulasi mata uang, naik turunya ekonomi  dimana akan lebih aman untuk mengatakan bahwa dalam jangka panjang, emas akam terus menjadi tren seperti yang selalu dimilikinya sejak lebih dari 100 tahun lalu. Hal ini dapat membingungkan untuk menentukan apa yang harus dilakukan, apakah membeli emas, menjual emas atau hanya menyimpan saja apa yang sudah dimiliki.

Anda juga dapat menanyakan pertanyaan seperti, emas macam apa yang perlu dibeli? Bullion dalam bentuk koin atau batangan? Atau membeli dalam bentuk saham atau produser emas atau ETF? Setiap pilihan tersebut memiliki kekurangan dan kelebihannya sendiri. Koin dan batangan adalah yang paling dipilihin kebanyakan dari mereka yang ingin menyimpan nilai dan yang lebih pada tujuan penyimpanan jangka panjang.

Lebih mudah untuk memindahkannya pada jangka yang lebih pendek seperti pasar harian atau bahkan berdasarkan jam, yang merupakan saham pada perusahaan emas dan emas tersebut sebagaimana dana pertukaran diperdagangkan, dimana sebuah bank mungkin akan menahan persediaan saham, lalu anda membeli atau menjual sepotong dari emas itu yang diwakili oleh rekening yang anda miliki pada bank tersebut.

Membeli dan menjual saham pada perusahaan emas dan pembuat emas akan lebih mudah menguap dan biasa dilakukan pada pasar-pasar melalui agen perantara saham (makelar) atau jika anda menggunakan dana melalui manajer dana.

Pasar Emas Global
Berikut adalah daftar lima pasar emas utama diseluruh dunia:
New York ACCESS MARKET® - Waktu transaksi (waktu setempat)
  1. 2:00siang - 8:00 pagi
  2. 2:00siang - 8:00 pagi Senin sampai Kamis
  3. 7:00 malam - 8:00 pagi Sabtu
Setelah jam perdagangan futures dilakukan melalui sistem perdagangan elektronik NYMEX ACCESS dimulai pukul 2:00 siang pada setiap hari Senin sampai setiap hari Kamis dan berakhir pada pukul 8:00 pagi pada hari berikutnya. Pada hari Minggu, sesi elektronik dimulai pada pukul 7:00 malam.  Seluruh waktu adalah waktu New York. Transaksi dilakukan dalam US Dollar.

London - Waktu transaksi pasar (waktu setempat)
8:30 pagi - 4:00 sore, untuk bahan perhiasan mulai pukul 10:30 pagi hingga 3:00 sore
Sebagaimana disebutkan sebelumnya, disini harga metal ditetapkan dua kali sehari, yang dikenal sebagai Penentuan London, terdapat bahan acuan untuk petugas perdagangan emas diseluruh dunia. Perdagangan disini dilakukan dalam Poundsterling.

Zurich - Waktu transaksi pasar (waktu setempat)
8:00 pagi - 5:00 malam.
Tiga bank terbesar di Switzerland mengelompokan emas mereka untuk tujuan-tujuan dari pasar inil. 

Euro adalah mata uang yang digunakan disini.
Hong Kong - Waktu transaksi pasar (waktu setempat)
  1. 8:30 pagi - 12:30 siang
  2. 2:30 sore - 5:30 sore.
Hong Kong adalah pusat dari perdagangan emas untuk Asia Timur Jauh dan wilayah Asia Tenggara Mata uang yang digunakan disini adalah Hong Kong Dollar.

Sydney - Waktu transaksi pasar (waktu setempat)
9:00 pagi - 3:00 sore.

Lokasi geografis Australia secara ideal telah menempatkan zona waktu yang baik untuk menjaga kelangsungan dari spot pasar emas setelah pedangan di New York pulang kerumah dan sebelum pedagan Asia terbangun. Sydney buka tak lama setelah pasar New York ditutup dan tetap bguka saaat psar Hong Kong buka. Mata uang US Dollar diperdagangkan disini.
Sebagai tambahanm harga emas diperlihatkan dalam US Dollar dan Euro pada seluruh pasar diseluruh dunia.

Emas, memang adalah metal yang sangat populer dan pasar emas adalah tempat yang sangat aktif dengan jutaan dollar yang ditransaksikan pada emas setiap harinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar