Mei 02, 2011

PROSES PENGOLAHAN EMAS DENGAN SISTEM PERENDAMAN


Sistem Perendaman

BAHAN
Ore/ bijih emas yang sudah dihaluskan dengan mesh + 200 = 30 ton

FORMULA KIMIA
1. NaCn = 45 kg
2. H2O2 = 5 liter
3. NaOH/ caustic soda = 5 kg
4. Ag NO3 =100 gram
5. Epoxy = 1 liter
6. Lead Acetate = 0.25 liter (cair)/ 1 ons (serbuk)
7. Zinc foil = 15 kg
8. H2O (air) = 20.000 liter

PROSES PERENDAMAN

• Perlakuan di Bak I (Bak Kimia)
1. NaCn dilarutkan dalam H2O (air) ukur pada PH 7
2. Tambahkan caustic soda (+ 3 kg) untuk mendapatkan PH 11-12
3. Tambahkan H2O2, Ag NO3, Epoxy diaduk hingga larut, dijaga pada PH 11-12

• Perlakuan di Bak II (Bak Lumpur)
1. Ore/ bijih emas yang sudah dihaluskan dengan mesh + 200 = 30 ton dimasukkan ke dalam bak
2. Larutan kimia dari Bak I disedot dengan pompa dan ditumpahkan/ dimasukkan ke Bak II untuk merendam lumpur ore selama 48 jam
3. Setelah itu, air/ larutan diturunkan seluruhnya ke Bak I dan diamkan selama 24 jam, dijaga pada PH 11-12. Apabila PH kurang untuk menaikkannya ditambah costic soda secukupnya
4. Dipompa lagi ke Bak II, diamkan selama 2 jam lalu disirkulasi ke Bak I dengan melalui Bak Penyadapan/ Penangkapan yang diisi dengan Zinc foil untuk mengendapkan logam Au dan Ag (emas dan perak) dari larutan air kaya
5. Lakukan sirkulasi larutan/ air kaya sampai Zinc foil hancur seperti pasir selama 5 – 10 hari
6. Zinc foil koil yang sudah hancur kemudian diangkat dan dimasukkan ke dalam wadah untuk diperas dengan kain famatex
7. Untuk membersihkan hasil filtrasi dari zinc foil atau kotoran lain gunakan H2SO4 dan air panas
8. Setelah itu bakar filtrasi untuk mendapatkan bullion

Proses pemisahan Emas dari konsentrat
Cara memisahkan konsentrat yang di dalamnya ada kandungan Emas, Perak, Tembaga dll. Konsentrat ini wujudnya seperti pasir.


Proses ini memakai 3 jenis furnace.
(1) Smelting Furnace,
(2) Slag cleaning Furnace,
(3) Converting Furnace
, lalu masuk ke pembentuk anoda Cu (diesbut anoda furnace) lalu dicetak bentuknya batangan anoda Cu.

Proses pertama :
(1) Smelting Furnace, konsetrat yang dihasilkan oleh temen kita di freeport akan dilebur, disini sudah ditambahkan flux SiO2 dan dihembus udara (biasanya udara bebas dengan kompresor diatur oksigennya 60%). Tujuannya untuk mengoksidasi unsur pengotor utama berupa Fe (oksidasi jadi FeO, Fe3O4) dan mulai kurangi sulfur dalam konsentrat (jadi SO2), lalu masuk furnace no (2)

(2) Slag Cleaning, sesuai namanya disini leburan Cu (masih dibilang Matte) kerena Sulfur masih banyak akan dipisahkan dengan terak/slag yang terbentuk dari proses (1). disini pakai Electric arc furnace, jadi matte yang lebih berat akan dibawah lalu terak/slag akan mengapung diatas sambil terus dipanaskan, disini metal/slag sudah terpisah. Lanjut ke proses (3) untuk menghilangkan Sulfur.

(3) Converting Furnace, disini matte diblowing udara lagi ces + pakai flux batukapur (CaCO3), disini tujuan utamanya untuk mengoksidasi Sulfur, memakai kapur untuk menjaga komposisi slag (biar tidak kental, Fe3O4 solid tidak bisa diblowing).

Setelah dari no.(3) Sulfur sudah low (0.8%) disebut cooper blister (bukan lagi matte). lalu dilanjut ke Furnace untuk cetak anoda Cu blister (sebab perlu elektrowining untuk tahap selanjutnya), dibeberapa proses ada tambahan proses pemurnian untuk dioksidasikan S sampai "light". Setelah dicetak jadi anoda, Cu anoda akan benar-benar dimurnikan (pengotor S, Au, Ag, Pt, Co, Ni) masih ada dan harus dielektrowining. Katodanya biasanya steel. Pakai larutan CuSulfat + Asam Sulfat + air, jangan lupa arus harus searah, disini metal akan dipisahkan dengan perbedaan sifat kemurniannya (berdasarkan nilai E nol-nya) makanya perlu memakai voltase DC yang tepat, biasanya Cu di (+)0.34V. Nah disini Cu di anode akan larut dilarutan lalu akan menempel di katoda (puritynya bisa mencapai 99%); nah disini baru dibagi antara Cu dan logam yang lebih mulia (Platina, Au, Ag). karena lebih mulia mereka tidak ikut larut, tetapi biasanya membentuk endapan (disebut slime), slime biasanya tidak ikut menempel di katoda (karena tidak larut). Selanjutnya slime ini yang harus diolah lagi. Slime harus dilebur lagi, lalu ++ flux lagi, borax biasanya untuk ikat pengotor. Setelah cair digunakan metode Klorifikasi, dimana akan dipisahkan antara pengotor dengan logam mulia AgCl, AuCl, dll.
Bagaimana memisahkannya ?, masuk lagi ke elektrowining cell dimana tegangannya diatur untuk memisahkan logam mulia didalamnya, lalu dilebur lagi untuk mendapatkan purity sampai Au 99.99 %.

Proses Pengolahan Emas dengan Sianida

Sianidasi Emas (juga dikenal sebagai proses sianida atau proses MacArthur-Forrest) adalah teknik metalurgi untuk mengekstraksi emas dari bijih kadar rendah dengan mengubah emas ke kompleks koordinasi yang larut dalam air. Ini adalah proses yang paling umum digunakan untuk ekstraksi emas. Produksi reagen untuk pengolahan mineral untuk memulihkan emas, tembaga, seng dan perak mewakili sekitar 13% dari konsumsi sianida secara global, dengan 87% sisa sianida yang digunakan dalam proses industri lainnya seperti plastik, perekat, dan pestisida. Karena sifat yang sangat beracun dari sianida, proses ini kontroversial dan penggunaannya dilarang di sejumlah negara dan wilayah.

Pada tahun 1783 Carl Wilhelm Scheele menemukan bahwa emas dilarutkan dalam larutan mengandung air dari sianida. Ia sebelumnya menemukan garam sianida. Melalui karya Bagration (1844), Elsner (1846), dan Faraday (1847), dipastikan bahwa setiap atom emas membutuhkan dua sianida, yaitu stoikiometri senyawa larut. Sianida tidak diterapkan untuk ekstraksi bijih emas sampai 1887, ketika Proses MacArthur-Forrest dikembangkan di Glasgow, Skotlandia oleh John Stewart MacArthur, didanai oleh saudara Dr Robert dan Dr William Forrest. Pada tahun 1896 Bodländer dikonfirmasi oksigen yang diperlukan, sesuatu yang diragukan oleh MacArthur, dan menemukan bahwa hidrogen peroksida dibentuk sebagai perantara.

Reaksi kimia untuk pelepasan emas, "Persamaan Elsner", berikut:

    4 Au + 8 NaCN + O2 + 2 H2O → 4 Na [Au (CN) 2] + 4 NaOH

Dalam proses redoks, oksigen menghilangkan empat elektron dari emas bersamaan dengan transfer proton (H +) dari air.

Berikut cara kerja pengolahan Emas dengan Sianida :

Cara Kerja
1. Bahan berupa batuan dihaluskan dengan menggunakan alat grinding sehingga menjadi tepung (mesh + 200).
2. Bahan di masukkan ke dalam tangki bahan, kemudian tambahkan H2O (2/3 dari bahan).
3. Tambahkan Tohor (Kapur) hingga pH mencapai 10,2 – 10,5 dan kemudian tambahkan Nitrate (PbNO3) 0,05 %.
4. Tambahkan Sianid 0.3 % sambil di aduk hingga (t = 48/72h) sambil di jaga pH
larutan (10 – 11) dengan (T = 85°C).
5. Kemudian saring, lalu filtrat di tambahkan karbon (4/1 bagian) dan di aduk hingga (t= 48h), kemudian di saring.
6. Karbon dikeringkan lalu di bakar, hingga menjadi Bullion atau gunakan. (metode 1)
7. Metode Merill Crow (dengan penambahan Zink Anode / Zink Dass), saring lalu
dimurnikan / dibakar hingga menjadi Bullion. (metode 2)
8. Karbon di hilangkan dari kandungan lain dengan Asam (3 / 5 %), selama (t =30/45m), kemudian di bilas dengan H2O selama (t = 2j) pada (T = 80°C – 90°C).
9. Lakukan proses Pretreatment dengan menggunakan larutan Sianid 3 % dan Soda
(NaOH) 3 % selama (t =15 – 20m) pada (T = 90°C – 100°C).
10. Lakukan proses Recycle Elution dengan menggunakan larutan Sianid 3 % dan Soda
3 % selama (t = 2.5 j) pada (T = 110°C – 120°C).
11. Lakukan proses Water Elution dengan menggunakan larutan H2O pada (T = 110°C –
120°C) selama (t = 1.45j).
12. Lakukan proses Cooling.
13. Saring kemudian lakukan proses elektrowining dengan (V = 3) dan (A = 50) selama
(t = 3.5j). (metode 3)

PROSES PEMURNIAN (DARI BULLION)

Dapat dilakukan dengan beberapa metode, yaitu:

1. Metode Cepat
Secara Hidrometallurgy yaitu dengan dilarutkan dalam larutan HNO3 kemudian tambahkan garam dapur untuk mengendapkan perak sedangkan emasnya tidak larut dalam larutan HNO3 selanjutnya saring aja dan dibakar.

2. Metode Lambat
Secara Hidrometallurgy plus Electrometallurgy yaitu dengan menggunakan larutan H2SO4 dan masukkan plat Tembaga dalam larutan kemudian masukkan Bullion ke dalam larutan tersebut, maka akan terjadi proses Hidrolisis dimana Perak akan larut dan menempel pada plat Tembaga (menempel tidak begitu keras/mudah lepas) sedangkan emasnya tidak larut (tertinggal di dasar), lalu tinggal bakar aja masing - masing, jadi deh logam murni.

34 komentar:

  1. Mau tanya nih... ada tempat untuk pelatihan Proses pemisahan Emas dari konsentrat nya ngga? klo di mana dan berapa biayanya ya? atau ada yang bisa kerjasama? Makasih. Yusuf (082123705673)

    BalasHapus
    Balasan
    1. tempat pelatihan nya tidak ada pak,,,, tp saya bisa berikan caranya, lokasi saya di medan HUSEIN (081264886665)

      Hapus

    2. KABAR BAIK!!!

      Nama saya Lady Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka, tetapi mereka adalah penipu , karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.

      Perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, tidak akan menuntut pembayaran konstan dan mereka tidak akan menunda pemrosesan transfer pinjaman, jadi harap bijak.

      Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya telah ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman online, saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Cynthia, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa konstan pembayaran atau tekanan dan tingkat bunga hanya 2%.

      Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

      Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik jika dia membantu saya dengan pinjaman, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres atau penipuan

      Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan atas karunia Allah, ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

      Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan memberi tahu saya tentang Ibu Cynthia, ini emailnya: arissetymin@gmail.com

      Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran cicilan pinjaman saya yang akan saya kirim langsung ke rekening perusahaan setiap bulan.

      Sepatah kata cukup untuk orang bijak.

      Hapus
    3. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

      Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

      Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

      Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

      Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

      Hapus
  2. Ada 2 kategory Mereka yang menekuni Emas sebagai pilihan hidup.

    1. Kategory Umum
    Kelompok ini melihat kenyataan bahwa harga emas stabil terhadap inflasi bahkan justru pertumbuha nilainya diatas angka Inflasi.
    Atau melihat banyak sekali kemudahan-kemudahan secara ekonomi yang dapat dilakukan dengan memiliki emas.
    Kemudian hari ini didukung dengan data yang menujukkan semakin banyak tersingkap potensi emas yang berada di hamparan Bumi Karunia Allah yang bernama Indonesia.
    Kelompok ini menjadikan topic (pengolahan) Emas sebagai pilihan Usaha, Bisnis untuk kesejahteraan Pribadi, Kelompok, Keluarga, Teman dan lain-lainnya. Tidak keluar dari itu
    Apalagi jika mereka itu memiliki Aset tempat yang ‘ditengarai’ mengandung Emas.
    Kelompok ini termasuk yang LUMRAH dan UMUM. Persoalannya hanyalah pertanggung-jawabannya di hadapan Tuhan kelak. (tetapi ini sangat bersifat pribadi !)
    2. Kategory Khusus
    Kelompok ini adalah mereka yang menyadari Emas sebagai sebuah KEKUATAN yang dapat mengubah Dunia !
    Mengubah Bangsa Indonesia menjadi Bangsa yang Unggul dan Maju dan Sejahtera tanpa menjadi Bangsa IMPERIALIS atau FEODALIS dengan mengubah wajah Pendidikan_nya, Ekonomi_nya, Kehidupan Sosial_nya dan bahkan Politik_nya !
    Kesadaran ini mungkin saja masih ada dalam hati individu-individu dan belum menyatu !
    Maka sudah saatnya mereka yang memiliki Mutiara Niat dalam Qalbu nya untuk BERSATU
    Kita Persatukan siapa saja yang memiliki :
    Ilmu
    Finansial
    SDM
    Aset
    Untuk Tumbuh mengolah Alam Kekayaan Tanah Air Indonesia !!!!
    MARI BERSATU !!!!

    BalasHapus
  3. saya ingin keterangan lbih detail sertakan gambar agar lbih mudah dipahami mengenai proses pengendapan untuk skala sederhana biar bisa saya terapkan di rumah
    dari anwar sanusi ,tulungagung jawa timur
    tanks terimakasih
    email :kelapa.jaya9@gmail.com

    BalasHapus
  4. semoga ilmunya menjadi amalan abang yg baik hati

    BalasHapus
    Balasan
    1. MAS BISA MINTA NOMER TELPON..?

      Hapus
    2. 085891115470 silakan utk kwn2 yg mau diskusi hal pengolahan dg tepat dn cepat

      Hapus
  5. mohon share kalo ada foto2 atau video cara/teknik pegolahannya ke : willysihabudinmikdar@gmail.com terimakasih

    BalasHapus
  6. saya mencari tenaga ahli pengolahan emas dg sistim tong dan rendaman . bisa kerja sama atau pembimbing saya dlm hal pengolahan hubungi saya 082159379999.

    BalasHapus
  7. Sumbang Pemikiran siapa tau berguna !
    Mengolah emas dengan sianida biasanya memakai tong tinggi/dalam yang mana akan berat kepada kompressor untuk meniupkan udara dan akan sulit dalam menghomogenasi oksigen keseluruh lumpur; begitupula untuk pengadukan menjadi berat sehingga perlu tenaga besar. keuntungan tong tinggi/dalam akan memudahkan pelarutan oksigen kedalam lumpur. Solusi untuk meningkatkan efisiensi energi dengan hasil yang maksimal; peralatannya mesti ditambah dengan alat mixser oksigen. Sebelum dimasukkan ke dalam tong, lumpur dimixer terlebih dahulu dengan udara sehingga lumpur menjadi putih susu dan ringan. kemudian dialirkan masuk dari dasar tong. Dapat dilakukan berulang yaitu dari bagian atas tong lumpur dialirkan ke alat mixer udara kemudian dari alat mixer dipompa masuk ke tong dari bagian dasar tong; dengan cara ini akan mempersingkat waktu inkubasi lumpur dalam tong dan tidak perlu pengadukan di dalam tong. Pencampuran udara yang baik merata pada lumpur merupakan kunci keberhasilan pengolahan emas dengan sianida. bila MAS butuh alat mixer bisa hubungi saya (DADANG) di 087770744170. Trimakasih

    BalasHapus
  8. Berkunjung Gan,, baca" postingan para master,, saya masih dalam tahap pembelajaran ilmu pertambangan.. Salam Kenal ya, By : Kimia tambang emas

    BalasHapus
  9. Dalam pengolahan emas sistem perendaman menggunakan sianida disini tidak diulas bagaimana apabila terjadi kesalahan, ciri2 kesalahan seperti apa? Apakah dari warna kolam lumpurnya?apakah dari kekerasan lumpurnya?

    BalasHapus
  10. Saya dapet sample batuan dari temen, menurut nya itu batuan galena. Saya butuh infirmasi gimana caranya mengolah nya yang efektif dan efisien. Saya domisili dibdepok jawa barat. Terimakasih sebelom nya

    BalasHapus
  11. Referensi cara kerja pengolahan emas dengan sianida dari mana ya kalo bisa di cantumkan..

    BalasHapus
  12. sy ad alat olah emas ramah lingkungan..hasil 99%.tq
    0877 8383 7363

    BalasHapus
  13. sy ad alat olah emas ramah lingkungan..hasil 99%.tq
    0877 8383 7363

    BalasHapus
  14. Saya ada ampas dari buangan tambang emas freport puluhan ribu karung. Butuh parner kerja untuk mengolahnya dengan sistem tong. Ada yg berminat hubungi WA 081247271337

    BalasHapus
  15. Kami perusahaan tambang di daerah kalimantan tengah, butuh partner yang menguasai pengelolahan emas dengan sistem perendaman. Yang berminat serius hub. 081399768233

    BalasHapus
  16. selamat malam , dengan blog ini ilmu akan bertambah dan bermanfaat
    Mohon petunjuk untuk pengelolahan rendam , dan takaran bahan kimianya untuk ukuran timabng batu/material nya.
    sultanadhi0@gmail.com
    081231394731 �� dari malang jatim

    BalasHapus
  17. Iklan kapur

    Mohon ijin admin , numpang iklan promosi yaa....
    Kami menjual Kapur Untuk Pengolahan emas, Batu kapur/ Kapur Aktif / Cao / CaOH2 / Kalsium Oxide / kalsium hidroxie /Limestone/ Quick Lime / Batu gamping / Kapur bakar / Kapur tohor/ Kapur sirih/Cao/ Kalsium Hidroksida/ Kalsium Karbonat / CaCo3 / Kapur pertanian / Kaptan / Kapur padam /Zeolite / Bentonite / Dolomite dll.
    Tersedia mesh 80 s/d Mesh 800 dengan kemasan / packing karung / 25 kg , 50 kg , 500 kg , 1000 kg .

    Untuk informasi lebih lanjut Silahkan hubungi :
    Asep 081281774186
    085793333234

    Simpan nomor dan hubungi jika sewaktu-waktu

    BalasHapus
  18. yg butuh kimia ramah lingkungan untuk pengolahan emas bisa hubungi 082364878255

    BalasHapus
  19. Ass. Maaf sya butuh penjelasan detail bagaimana mengolah pasir emas atau batu emas dengan sistem sianida.

    BalasHapus
  20. Slmt sg shn maaf alamatnya dimana ya

    BalasHapus
  21. Terima kasih
    Dengan semua uraianya



    Semoga
    Lancar dan berkah

    BalasHapus
  22. Selamt malam.mohon petunjuk utuk pengolahan rendaman.cara campuran bahan kimianya.apa2 yg di gunakan.dan/ matrial

    BalasHapus
  23. Mantap....
    Semua bermakna bagi yang faham...

    BalasHapus